Institut Ilmu Al Qur’an Jakarta

Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta 

 

Atas gagasan Al-Maghfurlah Prof. K. H, Ibrahim Hosen, LML. Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta didirikan pada tanggal 12 Rabiul Awal 1397 H. Bertepatan dengan tanggal 1 April 1977 M oleh Yayasan Affan, diketuai H. Sulaiman Affan. Kemudian sejak tahun 1983 hingga sekarang IIQ diselenggarakan oleh Yayasan IIQ, diketuai Hj. Harwini Joesoef.

 

Pada mulanya IIQ membuka Program Magister khusus untuk wanita dengan dukungan penuh dari seluruh gubernur di seluruh Indonesia guna memenuhi seluruh tenaga khusus di berbagai propinsi dan dipersiapkan pula sebagai tenaga pengajar pada program Strata satu (S1). Setelah meluluskan dua angkatan IIQ mebuka ptogram S1 tahun 1982 dan membuka kembali Program S2 tahun 1998.

 

IIQ merupakan lembaga pendidikan tinggi yang menggabungkan system pendidikan pesantren dan perguruan tinggi dengan orientasi mencetak ulama wanita yang hafal Al-Qur’an, intelek, berwawasan luas dan ahli di bidang Ulumul Qur’an. Secara spesifik program S1 mendalami kajian dan pengembangan ilmu-ilmu Al-Qur’an serta bidang keilmuan yang sesuai dengan program studinya. Sementara Program Pascasarjana Magister Studi Agama Islam dimaksudkan untuk lebih mendalami dan mengembangkan Ulumul Qur’an dan Ulumul Hadis.

 

Keberadaan IIQ telah melahirkan qari’ah dan hafizah yang mampu tampil di arena Musabaqah Tilawatil Qur’am (MTQ) Nasional maupun International. Mahasiswa yang tidak memiliki bakat sebagai qariah sekalipun tetap diharuskan mendalami ilmu Nagham (Seni Baca Al-Qur’an ) sebagai ilmu.
Dua orientasi yaitu pengembangan seni tilawah disertai pemahaman akan kandungan Al-Qur’an dan Hadis dengan pendalaman ilmu-ilmu pendukungnya dikemas dalam satu paket pendidikan bertujuan menghasilkan sarjana Al-Qur’an yang mampu memberikan kontribusi kepada masyarakat.

VISI, MISI, dan TUJUAN

    • VISI IIQ adalah menjadikan Institut Ilmu Al Qur’an Jakarta sebagai pusat studi Al Qur’an dan Hadis yang mampu merespon perkembangan jaman.

 

    • MISI IIQ adalah membentuk ulama/sarjana muslim, terutama wanita, yang hafal Al Qur’an, memiliki kemampuan akademik dan/atau profesional dalam bidang ilmu agama Islam, khususnya ilmu-ilmu Al Qur’an, serta mempunyai wawasan yang luas dan berakhlak mulia.

 

  • TUJUAN IIQ adalah menghasilkan ulama / sarjana muslim S1 dan S2 terutama wanita dalam bidang Ulumul Qur’an dan Ulumul Hadis, yang memiliki keahlian dalam mengungkapkan pemikiran baik dalam bentuk lisan maupun tulisan secara sistematis, kritis, dan logis sesuai dengan kaidah-kaidah ilmiah.

 Jenjang Pendidikan dan Masa Studi

 

  • Program Strata Dua (S2)

Program Pascasarjana (S-2) IIQ Jakarta yang terakreditasi BAN-PT Depdiknas ini memiliki satu Program Studi (Prodi) yaitu Studi Ilmu Agama Islam (Islamic Studies) dengan tiga konsenterasi: Ulumul Qur’an dan Hadis, Ilmu Syari’ah, dan Ilmu Tarbiyah. Peserta Program Pascasarjana IIQ Jakarta harus meyelesaikan 42-45 SKS dengan masa studi selama 2 – 4 tahun.

 

  • Program Strata Satu (S1) Reguler

Program Strata Satu (S-1) IIQ Jakarta memiliki tiga fakultas dan tiga program studi (Prodi) yaitu: Syari’ah (Prodi Muamalah), Ushuluddin (Prodi Tafsir Hadis), dan Tarbiyah (Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI). Semua fakultas itu telah terakreditasi BAN-PT Depdiknas. Adapun kurikulum yang ada pada Program S-1 ini adalah kurikulum nasional dan kurikulum kekhususan IIQ (kurikulum lokal) berupa Tahfizh Al-Qur’an, Ulumul Qur’an, Ilmu Qira’at dan seni baca Al-Qur’an (nagham). Program S-1 dapat diselesaikan selama 4 – 7 tahun.

Program Studi & Kurikulum Pendidikan

Institut Ilmu Al-Quran

I. Program Studi

A. Program Strata Satu (S1)

1. Fakultas Syariah
Program Studi Muamalah (TERAKREDITASI B)

2. Fakultas Ushuluddin
Program Studi Tafsir Hadis (TERAKREDITASI B)

3. Fakultas Tarbiyah
a. Program Studi Pendidikan Agama Islam (TERAKREDITASI A)
b. Ekstensi (TERAKREDITASI)

B. Program Strata Dua (S2) Reguler

Studi Ilmu Agama Islam,* Konsentrasi :
1. Ulum Al-Quran dan Ulum Al-Hadis

2. Ilmu Syariah

3. Ilmu Tarbiyah

* TERAKREDITASI

 

II. Kurikulum Pendidikan

A. Program Strata Satu (S1)

Kurikulum IIQ merupakan kurikulum berbasis kompetensi (KBK) yang memadukan kurikulum nasional dengan mata kuliah kekhususan IIQ: Tahfizh Al-Quran, Ulum Al-Quran, Ilmu Qiraat dan Tilawah/Nagham Al-Quran.

B. Program Strata Dua (S2)

Beban studi Program Pascasarjana Studi Magister Ilmu Agama Islam dalam konsentrasi Ulumul Quran dan Hadis, Ilmu Syariah dan Ilmu Tarbiyah meliputi:

Sejarah & Perkembangan Studi Al-Quran, Ilmu Qiraat, Nagham Al-Quran, Orientalisme dalam Studi Al-Quran, Mazahib Tafsir wa Manahijuhu, Tafsir Ayat al-Ahkam, Studi Naskah Tafsir, Tafsir Maudhui, Manahij al-Muhaddisin, Kritik Hadis, Studi Naskah Hadis, Hadis Ahkam, Hadis Maudhui, Pendidikan dalam Perspektif Al-Quran dan Hadis, Sejarah Pendidikan Islam, Psikologi Pendidikan, Manajemen Pendidikan, Metodologi Pendidikan, Filsafat Pendidikan Islam, Statsitik Pendidikan, Perbandingan Pendidikan, dll.

Alamat Kampus I: Jl. Ir. H. Juanda No. 70 Ciputat-Tangerang-Banten 15419

Alamat Asrama: Jl. Moh. Toha No 31 Pamulang Timur-Pamulang-Tangerang-Banten

Categories: Anisa Luthfiyana | Leave a comment

Post navigation

Leave a comment

Create a free website or blog at WordPress.com.

FAHMI JR 17 MANDAKU

Life is Never Flat, it's me :D

wulanm2k

hidup adalah rintangan, lewatilah rintangan dengan senyuman :)

atfasuryom2k

Saling berbagi Ilmu, Pengetahuan, dan keberhasilan

atiyacute25m2k

Tetap Keep Smile :) Walau Hati Terluka

A Rainbow

I Live in a very small house but my windows look out on a very large world

kikim2k

berakhlak islami

Fear-Does

Berpikir yukk!

|ambarra_jazmyn|

A great WordPress.com site

syafriYA_m2k

Because TOO much, can hurt you SO much :)

Faidhur Al_Munzir

Tularkan ilmumu selagi kamu bisa

Izza er.gi.ty

i have a small window but i can see the world

Laiyana Mandaku

Bersyukur atas apa yang telah diberikan

lutvi amalia_mandaku

cherry belle istimewa

Yoyoy Mandaku

I Pray to Allah SWT Every Time :)

The Daily Post

The Art and Craft of Blogging

WordPress.com News

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.